Monday, January 23, 2017

[Tips] 12 Bahan Makanan Yang Tidak Perlu Di Blender


Blender bisa dibilang saat ini merupakan salah satu peralatan dapur yang  tersedia di setiap dapur. Alat ini sangat memudahkan Anda jika ingin menghaluskan bahan makanan atau bumbu. Namun, ada beberapa bahan masakan yang tidak perlu dimasukkan ke blender.

Berikut ini 12 bahan makanan yang tidak perlu di blender yang diambil dari rd.com




Sayuran Hijau
Tidak dipungkiri bahwa juice memiliki manfaat yang sangat baik untuk kesehatan. Bagi para penikmat juice bukan hanya buah –buahan yang mereka konsumsi tetapi sayur-sayuran berwarna hijau juga sepeti sawi, bayam, dll. Tetapi berhati-hatilah jika ingin menghaluskan sayuran hijau dengan blender karena pisau blender yang berputar sangat cepat akan merubah warna hijau pada sayur menjadi kecoklatan. Untuk menjaga agar warna sayuran tetap hijau maka sebaiknya rendam sayuran dalam air es selama 5  menit sebelum dimasukkan kedalam blender.




Buah - Buahan Beku
Selain juice, ada juga yang saat ini sedang ngetrend di kalangan penyuka gaya hidup sehat yaitu smoothies. Selain karena rasanya lezat, juga membuat smoothies sangatlah mudah, hanya memasukkan buah-buahan yang sudah dibekukan kedalam blender agar hasil smoothiesnya kental dan lembut.  Namun, perhatikan karena buah-buahan yang masih beku dapat merusak mata pisau blender. Sebaiknya, sebelum dimasukkan kedalam blender, taruh buah-buahan didalam plastik atau mangkuk agar menjadi lebih lunak.


Kacang - Kacangan
Jangan pernah menggiling biji-bijian seperti kacang, biji kopi atau almond dengan menggunakan blender karena akan mengakibatkan pisau blender menjadi tumpul dan sulit berputar atau jika pun berputar maka itu sama saja dengan memaksakan mesin motor blender untuk bekerja lebih kuat dari yang seharusnya sehingga akan memperpendek umur blender Anda.  Sebaiknya, jika Anda ingin menghaluskan biji-bijian tersebut gunakanlah mesin penggiling khusus.



Bahan Masakan Beraroma Kuat
Apapun jenis bahan makanan atau bahan bumbu yang memiliki aroma yang kuat (bawang putih, bawang merah, cabe, dll) baunya dapat menempel pada seal karet blender dan permukaan blender bagian dalam. apalagijika blender terbuat dari plastik. Hal ini akan mencemari bahan makanan yang Anda masukkan selanjutnya. Biasanya, Anda membuat bumbu masakan yang terdiri dari bahan – bahan beraroma kuat tersebut dan kemudian Anda membuat juice buah untuk anak Anda dengan menggunakan blender yang sama. Percayalah, juice buah yang Anda buat akan memiliki rasa dan aroma bumbu masakan. Sebaiknya pisahkan blender untuk membuat bumbu masakan dengan blender untuk membuat juice/smoothies.



Air
Saat mesin blender sedang berjalan /berputar dan Anda harus menambahkan cairan, masukkan cairan secara perlahan untuk menghindari terjadinya cipratan. Rasio antara air dengan bahan yang akan diblender harus tepat dan seimbang, jika air terlalu sedikit maka akan membuat bahan makanan menjadi lebih kental dan jika air terlalu banyak maka bahan makanan akan sulit tersentuh oleh mata pisau blender.




Daging Yang Bertulang
Ketika Anda ingin menghaluskan daging ayam atau ikan dengan menggunakan blender, pastikan bahwa tidak ada tulang lagi yang tersisa di daging tersebut, hal ini sangat penting agar mesin blender dan Anda lebih awet.








Daging
Resep yang baik adalah perpaduan antara rasa dan tekstur. Menghaluskan daging dengan menggunakan blender akan mengubabah konsistensi dan tekstur daging menjadi seperti makanan bayi kecuali jika Anda memang ingin membuat makanan bayi atau bagi seseorang yang harus makan makanan lembut.






Tomat Kering
Apakah Anda suka membuat bubuk cabe kering sendiri?  Sebaiknya jangan pernah menggiling atau menghaluskan cabe kering atau tomat kering dengan menggunakan blender karena tekstur mereka yang kasar akan memacetkan blender kecuali jika Anda memiliki blender yang memiliki performa tinggi. Jika Anda ingin tetap menghaluskan cabe kering atau tomat kering, pastikan untuk direndam terlebih dahulu dengan air agar teksturnya menjadi lunak.



Kentang atau Umbi-Umbian
Menghaluskan kentang atau umbi-umbian dengan menggunakan blender  hasilnya tidak akan halsu dengan sempurna dan Anda hanya mendapatkan kentang atau umbi-umbian dimana ekstrak tepungnya lebih terasa di mulut Anda. Pasti aneh jika makan mash potato tapi rasa tepung kentang. Sebaiknya, menghaluskan kentang atau umbi-umbian dengan cara ditumbuk.




Minyak Panas
Berhati-hatilah jika Anda ingin memasukan minyak panas atau air panas kedalam blender yang masih tertutup karena uap panas akan mendorong tutup blender dan menimbulkan semacam letupan yang menyebabkan isi blender akan memuncrat kemana-mana. Selain muncratan minyak panas tadi menyebabkan dapur menjadi kotor juga dapat menyebabkan luka bakar di tangan Anda.




Jahe
Jangan menghaluskan jahe segar ataupun jahe kering dengan menggunakan blender. Jahe merupakan tanaman yang berserat sangat banyak dan jika Anda mencoba menghaluskannya dengan menggunakan blender maka akan menimbukan banyak serat-serat, Sebaiknya Anda memotongnya kecil-kecil (iris) terlebih dahulu.  







Tepung  
Jika Anda ingin membuat adonan tepung dengan menggunakan blender sebaiknya masukkan air terlebih dahulu kedalam blender kemudian masukkan tepung terigu perlahan-lahan melalui lubang yang terdapat dalam tutup blender. Sebaiknya tetaplah menggunakan mixer jika ingin membuat adonan dengan menggunakan bahan tepung.

No comments:

Post a Comment